Wednesday, November 18, 2015

Tips Agar Wajah Tidak Kusam Secara Alami yang Mudah Dilakukan




Anda tentu setuju bahwa setiap orang akan terlihat segar dan lebih cantik, juga tampan bila memiliki kulit yang sehat kenyal dan bersinar. Namun sebagian orang masih bermasalah dengan kulit kusam yang mereka miliki. Sebenarnya penyebab kulit kusam tidak hanya dari faktor luar seperti polusi sinar matahari dan debu saja, namun juga dari dalam tubuh. Yaitu karena anda kurang memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Kulit kusam juga dapat dipengaruhi karena kebiasaan buruk begadang, sehingga kurang istirahat, stress, dan sebagainya. Bagi anda yang mempunyai masalah kulit kusam, berikut ini ada beberapa tips agar wajah tidak kusam yang bisa anda terapkan setiap hari :



Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup

Cukupilah kebutuhan air putih anda minimal 8 gelas perharinya. Air putih berperan dalam melancarkan kerja sel tubuh, melancarkan pencernaan, mengeluarkan atau mendetoks racun dalam tubuh, termasuk juga menjaga kelembaban kulit dari dalam. Sehingga kulit yang terpenuhi kebutuhan airnya akan terlihat segar dan cerah alami. Tips agar wajah tidak kusam yang satu ini meskipun sangat simpel, namun biasanya masih sering terlupa oleh kebanyakan orang.






Sabun Khusus Wajah

Tips agar wajah tidak kusam yang berikutnya yaitu menggunakan sabun khusus untuk wajah. Kulit bagian wajah lebih sensitive dari bagian tubuh lain, sehingga tidak dibenarkan menggunakan sabun badan untuk wajah. Ini karena bisa membuat wajah kering, kasar, dan terlihat kusam. Sebaiknya lihatlah dulu komposisi pada produk dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit anda yang berminyak ataupun kering.



Atur pola makan

Mulai sekarang hindarilah mengonsumsi makanan sampah (junk food) yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk kecantikan kulit. Konsumsilah banyak sayur dan buah, antioksidan dan berbagai vitamin yang terdapat pada sayur dan buah sangat baik untuk sel kulit wajah, dan menjaganya agar tidak kusam.




Gunakan Tabir Surya

Sinar UV yang terdapat pada paparan sinar matahari juga merupakan penyebab kulit kusam. Sebaiknya gunakanlah tabir surya yang mengandung PF minimal 15 pada pagi hari sebelum beraktivitas, ini agar kulit terlindungi dari sinar UV yang berpengaruh buruk pada sel kulit. Selain itu sebaiknya kurangi aktivitas di luar ruangan mulai jam 10 sampai jam 2 sore, saat matahari bersinar terik.

Menggunakan Masker

Menggunakan masker dianggap efektif sebagai tips agar wajah tidak kusam, ini karena nutrisi dari bahan yang digunakan meresap langsung pada kulit wajah. Beberapa masker dari bahan alami yang dapat anda buat dan pakai sendiri di rumah untuk perawatan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  •     Masker putih telur, putih telur dipercaya mampu menutrisi kulit wajah, menghilangkan flek hitam, mengangkat komedo dan minyak berlebih yang menempel pada wajah, juga mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya : pisahkan kuning dan putih telur. Oleskan putih telur merata pada wajah. Sebaiknya sebelum memakai masker ini, uapi terlebih dahulu wajah anda agar pori-pori terbuka. Diamkan hingga mengering kemudian bilas hingga bersih.
  •     Masker jeruk nipis, gunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker wajah. Kandungan vitamin C nya yang tinggi mampu mencerahkan wajah yang kusam dan mengecilkan pori. Selain murah juga mudah, namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakannya di area mata.
  •     Masker kentang, buah yang biasa dijadikan bahan masakan ini ternyata ampuh untuk mencerahkan kulit. Kupas dan bersihkan kentang ukuran sedang. kemudian campurkan dengan madu secukupnya. Gunakan sebagai masker selama 20 menit dan bilas dengan bersih.

Diperlukan ketelatenan dalam merawat kulit kusam anda, semoga informasi tips agar wajah tidak kusam di atas bisa dijadikan referensi. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment